Nasi Kuning


Nasi kuning adalah makanan khas Indonesia. Makanan ini terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit serta santan dan rempah-rempah. Dengan ditambahkannya bumbu-bumbu dan santan, nasi kuning memiliki rasa yang lebih gurih daripada nasi putih.

Gambar terkait




Orang Indonesia pasti sudah umum mengetahui nasi kuning. Nasi yang dimasak dengan bumbu kunyit ini memang punya citarasa khas yang gurih dan bikin ketagihan. Nasi kuning sering disajikan untuk momen-momen khusus seperti perayaan atau syukuran.
Walaupun sudah umum, tapi sepertinya belum banyak orang yang mengetahui tentang sejarah makanan tradisional ini. Warna kuning pada nasi ini dalam tradisi Indonesia melambangkan emas yang bermakna kekayaan. Nasi kuning yang sering dibentuk segitiga seperti gunung atau sering disebut tumpeng, melambangkan gunung emas, kemakmuran hidup serta moral yang luhur.

Dengan adanya nasi kuning dalam perayaan, diharapkan bisa membawa banyak berkah kekayaan dan diberi kemakmuran hidup karena harta yang melimpah.
Karena itu, nasi kuning dalam bentuk tumpeng sering menjadi sajian utama dan sakral yang disajikan pada acara syukuran, atau momen bahagia lainnya seperti kelahiran, ulang tahun, tunangan, pernikahan dan lainnya.
Asal nasi kuning sendiri sebenarnya dari Jawa, meski banyak sajian nasi kuning di berbagai daerah, namun pengaruhnya dari Jawa. Kini mayoritas orang Indonesia sudah sangat umum dengan sajian nasi kuning untuk berbagai perayaan.
Dalam tradisi Bali maknanya berbeda lagi. Warna kuning merupakan salah satu dari empat warna keramat yang menjadi kepercayaan atau keyakinan, selain warna putih, merah dan hitam. Nasi kuning kerap menjadi sajian ketika diadakan Upacara Kuningan.
Kesimpulannya, orang Jawa zaman dulu ternyata memang penuh pertimbangan saat menciptakan dan menyajikan nasi kuning sebagai sajian istimewa. Nasi kuning bukan hanya punya makna baik tapi juga doa untuk orang yang menikmatinya dan merayakan momen bahagia.

Nasi kuning biasanya dihidangkan pada berbagai acara syukuran. Makanan tradisional ini sangat terkenal hingga ke penjuru Indonesia, namun belum banyak orang yang mengetahui mengenai asal usul dari nasi kuning tersebut. 
Rupanya, nasi kuning berasal dari dataran Jawa. Warna kuning yang tercipta karena menggunakan rempah kunyit pada nasi pun memiliki makna khusus bagi masyarakat setempat yaitu kekayaan.
salah satu warisan kuliner Indonesia yang khas dan berbeda dengan nasi biasanya. Nasi kuning, sesuai dengan namanya merupakan nasi yang berwarna kuning dengan menggunakan pewarna makanan alami yakni kunyit. Selain warnanya yang berbeda dengan nasi biasanya adalah rasa yang gurih serta aroma yang harum. Nasi kuning tidak hanya menjadi makanan saja, namun memiliki makna simbolis. Nasi berwarna kuning di sini dianggap melambangkan emas sebagai simbol keberuntungan, kemakmuran, dan kekayaan. Oleh karena itu seringkali ketika seseorang sedang berbahagia baik berulang tahun, peresmian, pesta pernikahan, ataupun upacara pembukaan, kehadiran nasi kuning tak pernah ketinggalan.
Nasi kuning tidak hanya berasal dari satu daerah saja karena memang nasi kuning sudah tersebar seantero nusantara. Namun meski demikian, orang-orang mengenal nasi kuning sebagai makanan khas Jawa. Penyajiannya dari nasi kuning pun beragam, tidak hanya disajikan seperti nasi biasanya. Yang paling biasa adalah dengan membentuknya dengan bentuk cone atau biasa disebut dengan tumpeng. Untuk membentuknya menjadi cone, Anda bisa menggunakan cetakan tumpeng atau membuatnya sendiri. Kini cetakan tumpeng sudah bervariasi, tidak lagi berbentuk kerucut. Ada pula yang berbentuk seperti kue ulang tahun, kotak bertumpuk atau bulat bertumpuk. Ada juga yang bentuk love.
Selain disajikan dalam berbagai bentuk, ada pula hidangan lain yang senantiasa melengkapi nasi kuning ini yakni ; mie goreng, tempe kering, perkedel, telur dadar iris, sambal goreng, ayam kecap, urap-urap, dan tidak lupa juga kerupuknya. Karena bahan pelengkapnya dan cara pembuatan yang sepertinya ribet ini, banyak orang yang kemudian memilih untuk membeli nasi kuning saja. Padahal sebenarnya pembuatan nasi kuning beserta lauk pauknya tidaklah susah. Anda bisa membuat sendiri dan mengkreasikan bentuk penyajian nasi kuning dan juga lauk pauk apa saja yang hendak dijadikan pelengkap. Langsung saja simak resep dan cara membuat nasi kuning di bawah ini.

Komentar

Postingan Populer