Oleh Oleh Makanan Khas Yogyakarta

Geplak

Gambar terkait

Kalau kamu suka jajanan manis, Jogja punya yang khas banget nih. Namanya geplak. Geplak adalah panganan berbentuk bulatan warna-warni yang terbuat dari parutan daging kelapa dan gula. Geplak berasal dari daerah Bantul di mana di sana sangat mudah ditemui pohon kelapa. Namun, karena sudah terkenal di mana-mana, kamu gak harus ke Bantul untuk membeli geplak. Makanan ini sudah tersedia hampir di seluruh toko oleh-oleh di Jogja. Citarasanya yang manis-gurih banyak membuat ketagihan. Geplak ini juga terkenal gak gampang basi, makanya cocok buat oleh-oleh.





Peyek Tumpuk

Hasil gambar untuk Peyek Tumpuk

Peyek adalah cemilan khas Jogja berupa gorengan tepung beras yang ditaburi dengan kacang atau teri. Di Jogja, ada peyek atau rempeyek yang khas banget nih. Namanya, peyek tumpuk. Dinamakan demikian karena memang bentuknya yang bertumpukan satu sama lain dan membuatnya tak setipis peyek pada umumnya. Tapi tenang, rasanya tetap gurih dan teksturnya crispy banget kok. Jajanan ini sebenarnya asli Bantul, tapi sekarang sudah bisa ditemukan di Kota Jogja juga. Harganya sangat terjangkau, jadi aman deh di kantong kalau mau beli banyak buat oleh-oleh.



Jadah Tempe

Hasil gambar untuk Jadah Tempe

Kalau kamu berwisata di kawasan Kaliurang, udah pasti kamu akan banyak menemukan penjual jadah tempe. Yap, makanan khas Jogja atas ini memang sangat terkenal di kalangan wisatawan. Jadah adalah makanan olahan ketan sedangkan tempe adalah olahan kedelai yang biasa kita kenal. Jadah tempe menggunakan tempe bacem bercitarasa manis sehingga akan berpadu nikmat dengan rasa jadah yang gurih-asin. Jadah tempe bisa kamu temui di kawasan Kaliurang. Makanan ini bukan makanan kering jadi memang tak seawet camilan lainnya. Tapi, masih oke kok dijadikan oleh-oleh kalau jarak dari Jogja ke tempat tinggalmu tak begitu jauh.





Kripik Welut

Hasil gambar untuk Keripik Belut

Kalau kamu mau cari oleh-oleh khas Jogja yang awet dan tahan lama, salah satu oleh-oleh yang bisa kamu beli adalah keripik belut atau kalau di Jogja terkenal dengan sebutan kripik welut. Keripik ini bahan utamanya memang belut yang digoreng renyah setelah sebelumnya dibumbui dan dicelupkan pada adonan tepung. Jajanan khas Godean, Jogja ini crispy banget saat digigit. Cocok jadi cemilan atau jadi teman makan pengganti kerupuk. Keripik belut banyak dijual di Pasar Godean dan di pusat-pusat oleh-oleh Jogja. Makanan khas Jogja yang tahan lama ini dijual kiloan, tapi ada juga yang udah dijual dengan kemasan plastik jadi lebih awet.





Thiwul

Hasil gambar untuk Thiwul

Thiwul adalah makanan khas Gunung Kidul. Makanan ini berbahan dasar singkong dan biasanya digunakan sebagai pengganti nasi. Tapi, thiwul sekarang ini sudah banyak diberi inovasi dan cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas Jogja. Thiwul tak hanya memiliki rasa plain saja tapi juga varian rasa lain seperti keju dan coklat. Kalau kamu pengen beli thiwul, ada sekarang yang sudah dikemas plastik dan lebih awet. Bisa dibawa sebagai oleh-oleh dan dinikmati di kota kamu.





Wader Goreng

Hasil gambar untuk Wader Goreng

Main ke Jogja kurang lengkap rasanya kalau belum makan di angkringan. Ya, warung rakyat ini bisa kamu temui di hampir tiap jengkal kota Jogja. Di angkringan, kamu pasti akan menemukan yang namanya wader goreng. Ikan kecil-kecil yang digoreng renyah ini sangat cocok sebagai pendamping nasi kucing. Wader goreng kini sangat populer sebagai oleh-oleh khas Jogja. Rasanya yang gurih-asin emang nagih banget, enak buat lauh atau digado. Wader goreng kini dijual kiloan atau sudah ada yang dibungkus kecil-kecil. Karena cukup awet, kamu bisa bawa makanan ini sebagai oleh-oleh khas Jogja dan gak bakal cepet basi.






Jogja Scrummy

Hasil gambar untuk Jogja Scrummy

Oleh-oleh khas Jogja tak hanya yang legendaris saja seperti bakpia atau yangko, ada juga yang baru dan dianggap kekinian oleh anak-anak muda. Salah satunya adalah kue Jogja Scrummy. Kue ini diproduksi oleh toko kue milik aktor ibukota, Dude Herlino. Kue yang berupa gabungan cake dan pastry ini memiliki aneka varian rasa yang menarik seperti cokelat dan keju yang tentunya cocok di lidah anak muda. Kue Jogja Scrummy ini sekarang gerainya sudah bisa ditemukan di berbagai penjuru kota Jogja seperti di daerah Jl. Bridjend Katamso, Jl. Adisucipto, dan masih banyak lainnya.





Cake Mamahke Jogja

Hasil gambar untuk Cake Mamahke Jogja

Satu lagi kue kekinian yang sekarang baru hits banget di kalangan anak muda. Namanya cake Mamahke Jogja. Toko kue ini juga dimiliki oleh artis ibukota yaitu pasangan Hanung Bramantyo dan Saskia Adya Mecca. Kedua artis ini menjual kue kekinian berupa cake dengan varian rasa unik seperti red velvet dan green tea. Kalau kamu mau beli kue ini, kamu bisa datang ke gerainya di kawasan Taman Sari, Jogja.




Komentar

Postingan Populer