Sup Buntut

Hasil gambar untuk Sup buntut

Sup buntut dibuat dengan ekor sapi. Sedikitnya ada lima versi sup buntut yang populer di seluruh dunia: makanan tradisional Korea, makanan Cina yang lebih mirip semur, ekor sapi goreng/panggang dicampur dengan berbagai
variasi sup merupakan makanan populer di Indonesia, makanan etnis Amerika Serikat Selatan yang sudah ada sejak periode sebelum perang revolusi, dan sup kuah tebal dan gurih yang populer di Britania Raya sejak abad ke-18. Sup buntut Kreol dibuat dari tomat dengan ekor sapi, kentang, kacang hijau, jagung, mirepoix, bawang putih, dan rempah-rempah.

Sop buntut adalah salah satu masakan populer dalam masakan Indonesia. Terbuat dari potongan ekor sapi yang dibumbui kemudian dibakar atau digoreng dan dimasukkan kedalam kuah kaldu sapi yang agak bening bersama irisan kentang, wortel, tomat, daun bawang, seledry dan taburan bawang goreng. Sop buntut Indonesia dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah lokal, seperti merica, pala, dan cengkih. Variasi yang relatif baru disebut "Sop Buntut Goreng" yaitu buntut goreng yang dibumbui disajikan kering, sementara kuah sup kaldunya disajikan dalam mangkuk terpisah.



Hasil gambar untuk Sup buntut


Resep Sup Buntut Sapi Bening Empuk – Sup buntut sapi atau yang sering disebut dengan sop buntut sapi ini merupakan salah satu masakan berkuah yang lezat. aroma wangi dari sang butut sapi yang diracik dengan aneka rempah-rempah pilihan khas indonesia memang sungguh menggugah selera. sup buntut yang nikmat, paling sedap jika disajikan selagi hangat saat hujan atau saat cuaca dingin seperti ini. dan sup buntut sapi bening yang enak dan terkenal di Indonesia yaitu Sup Buntut Sapi Bening Borobudur.
Untuk membuat sup buntut sapi bening empuk tentu saja anda akan membutuhkan buntut sapi yang masih segar. namun jika tidak ada buntut sapi, anda bisa menggantinya dengan iga sapi dan sering disebut sup iga sapi. buntut sapi yang memiliki kadar kolesterol cukup tinggi seringkali dihindari oleh orang yang memiliki kolesterol tinggi. namun jika anda mengkonsumsinya tidak berlebihan, untuk sesekali icip-icip sup buntut sapi bening yang lezat tak akan menjadi masalah.
Nah agar dapat membuat sup buntut sapi atau sup iga sapi yang seenak restauran khas betawi. maka kita akan menggunakan rempah-rempah yang cukup komplit, seperti yang sudah kami katakan diatas. rempah-rempah yang wajib ada saat membuat sup buntut sapi agar kuah beningnya terasa segar diantara lainnya adalah kayu manis, cengkeh, kapulaga, dan pala yang harus ada untuk menemani merica dan bawang putih yang ditumbuk halus.
Selain rempah-rempah, dalam membuat sup buntut sapi bening empuk kita juga akan membutuhkan kentang dan wortel. jangan lupa, pilih kentang dan wortel yang cukup besar, agar anda dapat memotong-motong kentang dan wortel dengan ukuran yang besar. kenapa kami sarankan agar kentang dan wortel di potong besar? bertujuan agar kedua bahan tersebut tidak hancur kala harus direbus dalam waktu yang cukup lama bersama buntut sapi ataupun iga sapi.
Satu tips dari kami agar kuah sup buntut menjadi bening bersih dari kotoran dan tentu saja kuah terasa lebih segar adalah dengan membuang air rebusan buntut yang kotor dan mencuci buntut sapi hingga bersih. bila buntut sudah dirasa bersih, baru deh sang buntut sapi di rebus kembali dengan air bersih yang baru hingga lunak. dengan cara sederhana ini akan membuat kuah sup buntut tidak keruh dan tentu saja rasanya menjadi semakin sedap makyussss.
Sayuran yang digunakan di dalam sup buntut yang segar dan enak biasanya adalah wortel dan kentang. namun pada resep sup buntut ini kami menambahkan rajangan batang seledri besar yang sering dijual di banyak supermarket. batang seledri besar ini biasanya enak dimakan dengan saus yogurt, mayonese, sebagai campuran jus ataupun sebagai bahan tumisan dan sup seperti yang akan kami bagikan. memiliki tesktur yang cukup keras, berserat namun ketika dimasak dalam waktu yang cukup lama, maka batang seledri besar ini akan menjadi empuk dan sedap bersama kuah dan isi dari sup buntut sapi tersebut.
Sup buntut sapi istimewa ini sangat segar dan dapat mehangatkan tubuh anda hingga manjadi bugar kembali. nah, jika anda dalam program diet ataupun enggan menggunakan buntut sapi atau iga sapi yang kadar lemaknya cukup tinggi, maka anda dapat menggantinya dengan menggunakan daging sapi bebas lemak.

Bahan-bahan Sup Buntut Sapi :

  • Buntut sapi 1 kilo gram
  • Kentang besar 2 buah ( dipotong menjadi 4 bagian )
  • Wortel 2 batang ( belah 2 memanjang, lalu bagi menjadi 4 bagian )
  • Batang besar seledri 4 batang ( potong-potong 1 centi meter ) optional, ( pakai jika ada, skip aja jika tidak ada )
  • Air 1 liter

Bumbu Halus Sup Buntut Sapi :

  • Bawang putih 8 siung
  • Merica putih butiran 1 sendok teh
  • Pala 2 buah

Bumbu-bumbu Sup Buntut Sapi :

  • Margarin ( digunakan untuk menumis )
  • Bawang bombay 1 butir ( belah menjadi 8 bagian lalu lepaskan antar lembaran bawang bombay )
  • Kapulaga hitam/jawa 5 butir
  • Cengkeh 10 butir
  • Kayu manis 2 batang ( panjang masing-masing 5 centi meter )
  • Kaldu blok 2 buah ( optional )
  • Garam 1/2 sendok makan

Bahan Pelengkap Sup Buntut Sapi :

  • Daun seledri cincang
  • Daun bawang ( dirajang halus )
  • Bawang merah dan bawang putih goreng
  • Sambal rawit atau irisan cabai rawit
  • Kecap manis
  • Emping goreng

Cara Membuat Sup Buntut Sapi :

  1. Langkah awal, siapkan buntut sapi atau iga sapi, cuci hingga bersih. lalu masukkan ke dalam panci, tuangkan air bersih hingga buntut terendam air. lalu rebus hingga air mendidih, angkat panci dari kompor lalu buang air rebusannya dan cuci bersih buntut sapi di air mengalir. setelah itu rebus kembali buntut sapi ke dalam panci dengan air hingga buntut terendam, lalu rebus kembali hingga mendidih menggunakan api kecil sambil panci ditutup.
  2. Sambil menunggu buntut selesai direbus dan menjadi empuk, siapkan wajan lalu panaskan margarin dan tumis bawang bombay hingga harum. setelah itu masukkan bumbu halus, tumis dan aduk hingga tercium aroma sedap. tambahkan kapulaga, cengkeh dan kayu manis. tumis sebentar, angkat.
  3. Setelah itu tuang bumbu tumisan ke dalam panci yang berisi rebusan buntut. masak hingga buntut menjadi setengah empuk, masukkan semua sayuran dan masak hingga semua bahan matang dan empuk, tambahkan garam dan kaldu blok. cicipi rasanya, jika ada yang kurang silahkan tambahkan sesuai dengan selera.
  4. Resep Sup Buntut Sapi Bening Empuk siap disajikan selagi panas dengan ditaburi bawang goreng diatasnya beserta dengan aneka bahan tambahan lainnya.

Komentar

Postingan Populer