Makanan Khas Jawa Tengah Untuk Dicoba

Dengan ragam makanan khas jawa tengah yang tersedia tentu Anda akan leluasa memilih mana makanan khas yang hendak Anda santap.
Adapun beberapa makanan khas terbaik dari Jawa Tengah untuk Anda coba adalah sebagai berikut:

Mendoan

Hasil gambar untuk Mendoan

Siapa yang tidak kenal dengan camilan yang satu ini? Mendoan masuk dalam salah satu gorengan paling terkenal di Indonesia.

Namun, sebenarnya, gorengan legendaris ini berasal dari Jawa Tengah. Ya, awalnya, makanan khas Jawa Tengah ini banyak ditemukan di daerah Purwokerto dan Banyumas.

Di daerah tersebut, mendoan memang disebut dengan nama yang berbeda, salah satunya adalah tempe kemul.
Jika Anda berkunjung ke daerah ini, maka akan banyak penjual mendoan yang menjajakan dagangannya. Bahkan, ada produksi tempe khusus untuk mendoan yang siap pakai.


Nasi Liwet


Hasil gambar untuk Nasi Liwet


Menu nasi lain yang tidak boleh dilewatkan saat Anda berada di Jawa Tengah adalah nasi liwet. Salah satu makanan khas Jawa Tengah ini berasal dari daerah Solo dan sudah sangat terkenal di berbagai daerah. Bahkan, jika disimak, nasi liwet sudah menjadi ikon dari provinsi Jawa Tengah untuk hal kuliner.
Apa yang menarik dari menu nasi liwet adalah cara masak nasi yang unik dengan tambahan santan dan daun pandan untuk membuatnya lebih gurih. Selain itu, untuk penyajiannya, nasi liwet dihidangkan dengan daun pisang dan diberi lauk yang cukup lengkap yang biasanya bisa Anda pilih sendiri.


Lumpia Semarang

 Gambar terkait Gambar terkait 

Jika Anda berada di kawasan Semarang tidak lengkap rasanya jika melewatkan waktu untuk mencoba lumpia khas Semarang. Lumpia adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah yang sudah sangat terkenal. Asal makanan ini memang dari Semarang meskipun kini sudah banyak menyebar di daerah lainnya.
Camilan khas ini dibuat dengan menggunakan tepung terigu yang dibentuk menjadi kulit. Setelah itu, kulit tersebut akan membungkus beberapa pilihan isi lumpia, seperti sayuran, udang, telur dan ayam. Menikmati lumpia yang hangat lengkap dengan cabai rawit yang pedas pasti akan sangat menggugah selera!

Komentar

Postingan Populer