Serundeng

Serundeng adalah makanan khas Indonesia yang sering digunakan sebagai lauk-pauk nasi. Serundeng dibuat dari parutan kelapa yang digoreng hingga kuning kecoklatan dengan bumbu-bumbu seperti bawang bombay, cabai, bawang putih, bawang merah, ketumbar, kunyit, gula, asam jawa, daun salam, daun jeruk dan lengkuas.

Hasil gambar untuk serundeng


Bumbu-bumbu ini dilumatkan sebelum digunakan. Serundeng umumnya dihidangkan dengan irisan daging sapi goreng, yaitu hidangan serundeng daging, atau ditaburkan di atas sotoketan, atau burasa (makanan Makassar) untuk menambah gurih rasa masakan tersebut.

Serundeng adalah makanan khas Indonesia yang sering digunakan sebagai lauk-pauk nasi. Serundeng dibuat dari parutan kelapayang digoreng hingga kuning kecoklatan dengan bumbu-bumbu seperti bawang bombaycabaibawang putihbawang merahketumbarkunyitgulaasam jawadaun salamdaun jeruk dan lengkuas. Bumbu-bumbu ini dilumatkan sebelum digunakan. Serundeng umumnya dihidangkan dengan irisan daging sapi goreng, yaitu hidangan serundeng daging, atau ditaburkan di atas sotoketan, atau burasa (makanan Makassar) untuk menambah gurih rasa masakan tersebut.
Di Malaysia istilah serunding merujuk kepada abon daging sapi atau ayam, abon Malaysia ini dapat dicampur kelapa parut seperti serundeng Indonesia atau tidak. Sedangkan di Indonesia serundeng jelas merujuk kepada kelapa parut goreng, kecuali di Kepulauan Riau yang juga dapat merujuk kepada abon daging sapi atau ayam, bahkan abon mangrove.

Serundeng kelapa biasanya di gunakan untuk pelengkap ayam goreng, bentuknya seperti kremes tepung supaya ada kriuk gurih agar daging ayam semakin enak untuk di makan. Untuk membuatnya tidaklah sulit yaitu menggunakan bahan utama dari kelapa yang tua dan kemudian di parut dengan alat parut dan di campur dengan berbagai macam bumbu yang nanti saya tulis di bawah.

Warna serundeng coklat seperti biasanya hasil dari kelapa yang di parut kemudian di goreng pastilah coklat tapi coklat yang di dapat dari serundeng ini lebih terang karena adanya campuran bumbu khas dari nusantara dan aromanya juga lebih harum ketimbang parutan kelapa biasanya.

Untuk menadapatkan serundeng kelapa yang bagus anda bisa cari kelapa yang tua, dan rendam kelapa itu dalam air selama kurang lebihnya 10 menitan saja setelah itu baru di parut, nah itu salah satu tips saya sendiri untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan jangan lupa juga menambahi daun jeruk purut supaya setelah di goreng ada aroma segar dari sari daun jeruk tersebut

Pada umumnya serundeng dihidangkan diatas daging sapi panggang ataupun goreng yang sering disebut dengan serundeng daging. Serundeng jua umumnya sering ditaburi diatas soto ataupun ketan selaku penambah rasa gurih dalam suatu masakan.

Komentar

Postingan Populer